Welcome
SEM dan SEO, Apa Bedanya?

SEM dan SEO, Apa Bedanya?

Mungkin istilah SEO atau search engine optimization sudah sering terdengar dan diketahui, terutama bagi orang-orang yang berkecimpung dalam usaha penulisan, namun bagaimana dengan SEM atau search engine marketing?

Pada dasarnya, SEO dan SEM adalah sama menggunakan optimasi agar dapat meraih posisi di halaman pertama atau lebih-lebih di posisi puncak pada halaman sebuah mesin pencari. Hanya saja ada beberapa perbedaan mendasar antara SEO dan SEM yang mungkin hanya diketahui segelintir orang saja.

SEO

SEO merupakan sebuah teknik optimasi yang mengikutsertakan berbagai metode, mulai dari penggunaan keyword sampai dengan hal-hal lainnya agar dapat membuat sebuah artikel pada website atau blog dapat terindex dengan cepat dan mudah oleh mesin pencari atau pada search engine result page (SERP). Setelah terindex, maka akan dapat berada di halaman utama dan posisi teratas pada mesin pencari tersebut.

SEM

SEM pada dasarnya memiliki tujuan yang sama seperti SEO, hanya saja fokus utamanya adalah bukan pada sebuah artikel, melainkan secara penuh, yaitu pada sebuah website. Teknik SEM digunakan agar mesin pencari dapat menempatkan alamat website tertentu pada halaman pertama dan teratas. Tentu saja dikarenakan sudah menyangkut lingkup yang lebih besar, maka SEM tidaklah gratis.

Perbedaan umum SEM dan SEO

SEM

Jika kamu terkadang mengetahui ada nama situs rekomendasi di halaman pertama yang terdapat pada mesin pencari, maka itu adalah salah satu contoh dari penggunaan SEM. Sedangkan untuk melihat contoh dari SEO, maka kamu dapat menuliskan suatu query atau kata kunci di kolom pencarian dan lihat artikel apa yang akan muncul, maka yang berada di halaman pertaman adalah contoh-contoh dari artikel ber-SEO.

Jika SEO rata-rata mengenai artikel-artikel yang bersifat umum, informatif dan bermanfaat untuk semua orang, SEM lebih mengacu pada publikasi sebuah produk atau juga sebuah perusahaan. Sangat jarang rasanya ada SEM yang dipublikasikan dengan hanya berisikan konten artikel saja, namun akan lebih sangat detail daripada yang dapat dilakukan oleh SEO.

SEO vs SEM

Seo

Jika disuruh untuk membandingkan mana yang lebih baik atau lebih efektif dari SEM atau SEO, maka tidak ada jawaban yang dapat menuntaskan pertanyaan tersebut karena seperti yang disebutkan di atas, walaupun terkesan sama, namun tujuan dari SEM dan SEO sangatlah berbeda.

Namun jika melihat dari sisi kemudahaannya, maka dapat dikatakan bahwa SEM lebih mudah untuk muncul di halaman pertama dan juga di urutan teratas pada sebuah halaman mesin pencari atau juga terkadang muncul secara acak di situs-situs lain. Hal tersebut karena SEM adalah layanan jasa yang berbayar dan dikarenakan hal itulah, maka sang penyedia jasa, dalam hal ini pemilik mesin pencari akan memberikan keleluasaan dan kenyamanan kepada pihak yang menggunakan SEM tersebut. Sedangkan karena SEO bersifat gratisan, maka tentunya saja dibutuhkan perjuangan, metode dan strategi khusus untuk dapat menembus persaingan agar dapat bercokol di puncak.

Dapatkan SEM dan SEO digabung?

Jawabannya adalah sangat dapat sekali. Bahkan ketika ada sebuah perusahaan yang ingin mengiklankan produknya dan kemudian menggunakan SEM, lantas perusahaan tersebut masih menggunakan artikel-artikel ber-SEO, maka akan sangat efektif sekali hasil yang bakal didapatkannya.

Pasalnya, ketika SEM dapat menampilkan website perusahaan tersebut di halaman muka dan di posisi teratas, artikel ber-SEO tersebut akan ‘numpang tenar’ dengan berada di puncak mengalahkan artikel-artikel SEO yang gratisan lainnya.